Judul di atas terkesan teknis, mengajarkan Anda menggali sumur. tapi ini hanya sekedar kiasan untuk hidup lebih hidup. Ini hanya permainan logika agar kita  layak dikatakan manusia yang berakal.

Anda pasti setuju, untuk mendapatkan air lebih banyak Anda harus menggali sumur lebih dalam. Hanya menggali satu meter, kemudian berpindah ke tempat lain dan seterusnya, Anda tidak akan pernah mendapatkan air walaupun Anda menggalinya seratus lobang sekalipun. Saya dan Anda pasti setuju, sebutan yang layak bagi si penggali sumur ini adalah: GILA alias kurang waras.

Konyol sekali ketika prustasi air belum didapatkan, Anda berpindah menggali ditempat lain. Lebih baik gali lebih dalam, lima puluh atau seratus meter dan seterusnya, Anda bukan saja mendapatkan air, biasa jadi emas pun Anda dapatkan.

Tahukan Anda, ternyata kebanyakan orang di dunia ini karakternya sama sengan penggali sumur diatas; TIDAK WARAS. Kenapa? karena begitu rakusnya dia menggali bisnis, pekerjaan, profesi tertentu, namun akhirnya ditinggalkan untuk mengejar yang lainnya. Alasannya, “bisnis ini tidak cocok buat saya”. Jika disini gagal lagi, alasan itu terus menjadi Justify (pembenaran).

Dalam hidupnya tak henti berpetualang mencari lahan bisnis yang cocok untuk hidupnya. Dia tidak sadar bahwa sebenarnya tidak ada lahan bisnis yang cocok untuk orang GILA seperti dia. Pada akhirnya kemiskinan terus menderanya. Hebatnya lagi di ‘bernyanyi’ sebagai orang yang paling berpengalaman karena telah merambah banyak bisnis. Wow… naif sekali.

MAAF, bisa jadi Anda termasuk si ‘dia’. Tapi saya percaya Anda tidak akan pernah seperti itu. Wallahu’alam. Tapi jika Anda berharap sukses dan tidak mau gagal, Anda juga GILA. Karena orang yang tidak mau gagal pasti tidak akan sukses.

Menurut saya, orang yang cerdas itu adalah orang yang focus. menjalani suatu bisnis, dan ia tekun menjalankan bisnis itu dengan penuh suka dan duka hingga sukses. Kesuksesan itu terus diperdalam,  lebiuh besar, dan lebih professional hingga menjadi milyarder hanya SATU BISNIS.

Ibarat sumur, dia menggalinya terus dan terus hingga bukan saja air, tapi emas dan permata pun dia dapatkan.

Jika suatu saat dia ingin menggali sumur yang lain, silakan. Dia pasti sukses bahkan lebih sukses lagi karena sudah berpengalaman secara mental. Sukses dibisnis kedua, silakan ‘gali sumur’ ketiga hingga mencapai kesuksesan juga. Itulah hidup. (Toha Nasrudin)


11 Responses to “Galilah Sumur Lebih Dalam”

  1. Ni Putu Eka Wijayanti

    on June 10 2009

    Saya setuju dengan pendapat pak Toha. Saya suka liat tampilan website bapak, dan semua ulasan bapak tentang internet marketing. :)

  2. admin

    on June 10 2009

    Terima kasih, semoga bermanfaat. Saya update terus dengan artikel motivasi, untuk hidup lebih hidup.

  3. Marcus Hefata H. A.

    on July 6 2009

    Selamat Pagi Pak Toha,

    Saya tahu situs Bapak dari forbis. Kebetulan kemarin saya baru mengtahui bahwa ada yang menulis bahwa pemilik forbis, Joko Susilo, adalah penipu. Saya baca, mereka bilang bahwa forbis hanya mengandalkan reseller sebagai mesin uang dan bukannya SMUO.

    Tapi..
    Setelah saya cek situs Bapak,
    Anggapan mereka terbantahkan!
    Kata-kata Bapak terbukti:

    “Pertama kali mengenal internet, beruntung sekali saya mengenal formulabisnis.com. Dari situs inilah saya memperoleh puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah. Berbagai situs telah dibuat.
    SMUO memang fenomenal”

    Saya sependapat dengan tulisan Bapak. Sama seperti yang pernah Pak Joko katakan, bahwa kita tidak bisa memutar 5 piring sekaligus secara bersamaan. Kita harus putar 1 piring dulu. Kalau sudah mantap, baru kita putar piring ke-2, dan seterusnya.

    Memang banyak yang menghina forbis, tapi tampaknya mereka itu tipe2 orang yang Bapak maksud GILA. Mereka lebih suka memutar banyak piring dan menggali banyak sumur.

    Yaah.. Semoga semakin banyak yang sadar setelah membaca postingan Bapak, ya.. ^^

    Oh iya, saya masih pemula di forbis.
    Kapan2 Bapak main ke blog saya ya..
    Bagi2 ilmu dan saran. HeHe..

    OK d, Pak.
    Salam sukses, tohanasrudin.com!

    TQ

  4. admin

    on July 6 2009

    Pagi Pak Marcus. Terima kasih atas tanggapannya. Blog Bapak juga bagus.

  5. zilarsyi

    on July 24 2009

    salam pak tohanasrudin
    saya new member dari forbis, lagi baca2 di forbis ketemu website bpk.
    mohon maaf sebelumnya pak, ada beberapa hal yang saya pengen tanyakan sama bpk, maklum saya masih pemula.
    selain pendapatan bapak dari program reseller forbis dari mana lagi bapak mendapatkan uang puluhan sampai ratusan juta? kalau saya lihat iklan yang terdapat pada website bpk tidak terlalu banyak.
    mohon bimbingan-nya..
    trims pak atas motivasinya..

  6. admin

    on July 24 2009

    Yth. Pak Zilarsyi,
    Melihat situs dan blog Anda, tidak ada yang perlu dijelaskan, Anda mengerti sendiri seperti apa bisnis online. Bagi saya, bisnis online adalah peluang walaupun harus ekstra hati-hati. Dari penelitian saya, sebagian besar situs yang menawarkan jutaan rupiah hanya omong kosong. Setelah membaca produknya ternyata, sampah.

    Penghasilan saya jika dikumpulkan tentu besar. Namun bukan itu tujuan pokok. Saya ingin ada kegiatan dan enjoy. Saya membutuhkan bisnis tantangannya sangat tinggi. Karena itu saya terjun di forex.

    Penghasilan dari afiliasi forbis kecil bahkan nyaris tak terlihat. Untuk afiliasi saya lebih suka kerjasama dengan pihak luar seperti paydotcom, dll.

    Mengenai blog ini, sebenarnya bukan untuk bisnis, sekedar suka-suka saja menyalurkan hobi menulis jika ada waktu.

    Oke, sekian dulu.
    Terima kasih
    Toha N.

  7. zilarsyi

    on July 25 2009

    trims banget pak Toha N..
    atas segala infomasinya, banyak ilmu yang saya dapatkan dari bapak.
    saya pengen lebih belajar lagi dari bpk..

  8. admin

    on July 26 2009

    Terima kasih juga, sukses!

  9. mukhyar

    on September 25 2009

    askm. sangat sederhana tapi maknanya mengena sekali. saya langsung mengcopy artikel ini kedalam word. sebelumya minta ijin kepak Toha. saya tunggu pak motivasinya yang lain. dan mudah2 an saya juga bisa mengikuti jejak bapak untk memotivasi bapak. hehehe

  10. admin

    on September 25 2009

    Terima kasih Pak Mukhyar. Siapapun boleh menyebarkan artikel dalam blog ini. Semoga bermanfaat.

  11. Fauzy

    on May 3 2010

    Kalau dalam dunia kerja hukumnya juga sama ya kang. Kalau bos tanya kamu bisanya apa? Owh saya bisa ini bisa itu and so on and so on. Berarti dia hanya amatiran aja ya kang cuma tahu kulitnya saja. Beda kalau jawabnya : Owh keahlian saya di bidang ini pak. Maka dia emang profesional.

Comment RSS

Silakan Beri Komentar

Name: (Required)

E-mail: (Required)

Website:

Komentar Anda Disini:


MOHON MAAF, komentar Anda akan kami tayangkan setelah kami setujui dulu.
Terima kasih.


 


LinkDock.com You found linkdock.com, so will your customers. It's a great label for your website and will help you define your identity on the Web.