Bahagia menurut saya adalah ketika Anda menerima diri Anda dalam satu kesatuan ruang dan waktu. Jika Anda merasa waktu dan tempat saat  ini adalah yang terbaik,  itulah bahagia.

Bahagia adalah ketika Anda menghargai dan mencintai apa yang Anda punya saat ini, bukan yang orang lain punya. Bahagia adalah ketika Anda yakin, hari ini yang terbaik karena esok belum tentu ada dan masa lalu hanya tinggal puing-puing yang prak poranda digilas zaman.

Jangan pernah kira orang yang berada di apartemen mewah itu bahagia, belum tentu. Bisa jadi dia tengah gundah karena saingan bisnisnya berada di tempat yang menurut dia lebih baik. Bisa jadi,  tempat tinggal Anda saat ini yang menurut kebanyakan orang biasa-biasa saja, adalah tempat yang bisa membikin Anda paling bahagia jika Anda merasa waktu dan tempat ini adalah yang terbaik bagi Anda. Setidaknya untuk hari ini.

Kita bersukur karena masih banyak orang lain yang tidak seberuntung Kita. Banyak yang nasibnya jauh lebih buruk dari Kita. Sekalipun Kita merasa semuanya serba hancur, setidaknya Kita masih punya nyawa yang merupakan aset termahal bagi Kita.

Kesulitan terjadi manakala seseorang tidak bisa berpijak diruang dan waktu yang dia miliki saat ini. Pikiran yang melanglang buana ke masa lalu atau berkhayal ke masa depan, menjadi alasan untuk tidak menerima apapun anugrah hari ini. Padahal sejelek apapun Anda saat ini, jauh lebih baik dari masa lalu yang tak akan pernah kembali atau masa depan yang belum tentu sebaik hari ini.

Pastikan selalu menerima kenyataan. Itulah sabar. Pastikan selalu berusaha lebih baik dan lebih baik lagi kemudian menyerahkan hasilnya ke yang Maha Penentu, Allah Swt. Itulah Tawakal. Jika Anda merasa hari ini gagal, yakinlah, tidak ada yang namanya kegagalan. yang ada adalah kesuksesan yang tertunda. Mungkin hari ini Anda belum layak sukses karena cara kerja dan semangat Anda belum layak untuk sukses. Andai Anda sukses hari ini, kemudian Anda gembira dan merasa bahwa ini bagian dari anugrah-Nya, itulah syukur.

Intinya, untuk menjadi orang bahagia ada tiga unsur, yaitu: Sabar, tawakal dan selalu bersyukur. Jadikan tiga hal ini bagian dari jiwa kita.

Bagaimana dengan Anda?

(Toha Nasrudin)

Jika Anda merasa bahwa artikel nini penting diketahui rekan rekan Anda di facebook, silakan klik disini

21 Responses to “Tips Menjadi Orang Paling Bahagia”

  1. ismoyo wisnubroto

    on January 26 2010

    ya…,sangat setuju dengan topik anda hanya dengan bersyukurlah kita bisa menikmati apa yang telah didapat sampai hari ini dan dengan bertawakal berarti kita terus berjuang dan berjuang untuk meraih kebahagiaan selanjutnya…

  2. inda

    on January 26 2010

    menginspirasi sekali nih…setuju, karena kebahagiaan dan keberuntungan yg nyiptain diri kita sendiri. Bersyukurlah…

  3. mukhyar imran

    on January 26 2010

    askm…semoga bapak sekeluarga selalu dalam lindungan-Nya,amin. saya sanga kagum sekali dengan pemikiran dan pemaparan pak Toha, semoga ini menjadi amal jariyah. teruskan pak semangat ini dan tolong doakan juga kami agar bisa menjadi orang yang bersabar dan bertawakkal dan bisa mensyukuri nikmat yang diberikan Allah swt kepada kita semua, sekecil dan apapun bentuknya. wassalam

  4. J. haryadi

    on January 26 2010

    Saya juga setuju dengan pandangan pak Toha….kebanyakan kita terjebak dengan kebahagiaan semu. Seseorang dikatakan bahagia ketika kita melihatnya tertawa terbahak-bahak di tempat maksiat, mengendarai mobil mewah hasil korupsi atau melihat mereka memiliki beberapa rumah dan apartemen mahal. Padahal kebahagiaan itu ternyata begitu dekat dengan kehidupan kita. Terimakasih atas pencerahannya….

  5. winarno

    on January 26 2010

    Bahagia itu ternyata…..ada dalam Pikiran kita sendiri, jadi berpikirlah untuk terus bahagia karena Manusia diciptakan oleh Allah SWT untuk Bahagia.

  6. admin

    on January 26 2010

    Terima kasih rekan-rekan semua atas komentarnya, semoga kita terus dilimpahkan kebahagiaan

  7. Sisi

    on January 26 2010

    thanks a lot

  8. SUDJONO AF

    on January 26 2010

    Amin. Alhamdulillah. Terima kasih tausiyahnya. Maaf Pak Toha kapan bisa kursus penrbitan di perusahaan Bapak?

  9. IAN

    on January 26 2010

    BAGUS artikelnya……memang kalau kita bisa mengerti kondisi kita sebenarnya dan iklas..
    hidup akan terasa enak

  10. Priyoko

    on January 26 2010

    Ya, saya senang sekali menerima siraman rohani ini
    terus dan akan saya himpun untuk inspirasi saya.

    Mungkin bisa memberi tips untuk saya tentang menulis karena saya seorang guru.

    terimakasih.

  11. admin

    on January 26 2010

    Untuk Pak Sudjono, terima kasih perhatiannya. Untuk saat ini belum ada pelatihan penerbitan offline, saya masih mengadakan bimbingan online secara offline. Untuk teknik penerbitan, silakan kunjungi penulissukses.com. Terima kasih.

  12. Taufik

    on January 26 2010

    Mgkn bagi sy saat ini bahagia adalah dimana sy bisa menuntaskan permasalahan sy dgn orang lain, terutama hutang materi. Permasalahan hidup ke depan nya, insyaAllah bisa dihadapi dgn baik.

  13. sugiarti

    on January 27 2010

    berbicara tentang ide ada, tetapi tak kunjung terwujud. How do it ? thank’s

  14. Roesdi Trijadhi

    on January 27 2010

    Saya sangat berterima kasih sekali dengan tulisan-tulisan pak Toha, yang bisa membawa semua pembaca hidup berfikiran positif. Namun dalam kebahagiaan juga saya kira harus ada unsur kejujuran, maka apabila ketiga unsur yang pak Toha tuliskan ditambah dengan kejujuran akan menjadikan kebahagian itu kebahagian yang memiliki nilai paling tinggi dan tidak akan ada satupun yang menjadi pembanding.

  15. admin

    on January 27 2010

    Terima kasih Pak Roesdi. Saya setuju, interaksi dengan diri sendiri kita harus memiliki tiga unsur yang saya bahas di atas. Sementara untuk interaksi dengan luar diri kita (orang lain) kejujuran menjadi hal yang sangat pokok.

  16. eddy

    on January 27 2010

    Sering orang beranggapan bahwa kebahagiaan identik dengan banyak uang. Padahal orang kaya tetap banyak musuh, takut dirampok, tidak berhenti mencari uang, curiga pada orang yang datang dsbnya. Jadi sebenarnya orang yang bahagia adalah orang yang tampil apa adanya, mampu menjalankan kewajibannya dan mendapatkan haknya.

  17. Ta'in

    on January 28 2010

    Keindahan bersyukur akan terukur saat sesuatu yang diharapkan nampak menjelang, namun bisa jadi hal itu akan berada pada proses yang sangat panjang. Maka, jangan pernah tiada bersyukur….bersyukur, sekurang-kurangnya melepas beban di hati……..Ayo bersyukur, sebelum nikmat yang jelas-jelas ada tidak ikut luntur……

  18. investasi emas

    on January 30 2010

    Menjagi bahagia memang dimulai dari dalam diri sendiri ya.

  19. Rahman

    on February 11 2010

    Tulisan yang sangat cerdas. salam kenal Pak Toha.

  20. Fauzy

    on March 17 2010

    Kata kata bijak selalu menyejukkan hati.

  21. Lex dePraxis

    on March 18 2010

    Hai, salam kenal yah. Kebahagiaan memang dapat diamati dari berbagai sudut dan cara penulisan, ada yang analitis, ada yang puitis, ada yang dramatis. Tulisan Anda cukup menarik, dan bisa terkait dengan artikel saya Lima Aksi Menuju Bahagia Instan.

    Saya yakin kita bisa saling memperkaya pemahaman satu sama lain.

    Sekali lagi salam kenal, sobat, nanti saya akan berkunjung lagi..

    Lex dePraxis
    Unlocked!

Comment RSS

Silakan Beri Komentar

Name: (Required)

E-mail: (Required)

Website:

Komentar Anda Disini:


MOHON MAAF, komentar Anda akan kami tayangkan setelah kami setujui dulu.
Terima kasih.