Keinginan mencapai kesempurnaan dambaan semua orang. Sempurna fisik, rejeki, jodoh, karier, dan lain-lain. Keinginan untuk sempurna menjadikan manusia menempuh multi cara. Banyak yang berhasil, tak sedikit yang justru menjauh dari kesempurnaan.

Kesempurnaan hakikatnya tidak akan pernah ada sebelum Anda belajar mencintai sesuatu yang tidak sempurna. Kata kuncinya adalah CINTA dan KETIDAKSEMPURNAAN. Tahukan Anda, Anda yang lahir tidak sempurna (tidak berdaya) lantas menjadi sempurna seperti sekarang (sehat dan kuat). Kenapa? semuanya dengan cinta. Bayangkan jika orang tua Anda tidak diberi cinta, Anda sudah dicekik karena hanya memberikan rasa sakit saja.

Tahukan Anda, cinta yang memberi kekuatan seseorang sehingga kadang keluar dari akan sehat? Pernahkan Anda dengar kata-kata “dalamnya lautan akan ku sebrangi”? padahal belum tentu dia bisa berenang. Cinta yang membuat seseorang yang lemah menjadi kuat, malas menjadi rajin, pecundang jadi pemberani, bahkan siap mengorbankan nyawa. Cinta adalah kekuatan ruaarrrr biasssaaa.

Cinta yang mambikin sesuatu yang tidak sempurna menjadi nampak sempurna. Dimata seorang kekasih, wanita pujaannya adalah yang tercantik. Dimata orang tua, anaknya adalah yang terhebat. Walaupun wanita itu tidak cantik dan anaknya tidak hebat, tapi karena cinta, semuanya jadi nampak sempurna.

Lantas apa hubungannya dengan kesuksesan? Oke saya ilustrasikan, ketika Anda ingin berbisnis online, pertanyaannya, apakah bisnis online yang Anda temukan sempurna bagi Anda? Pasti tidak, karena Anda belum apa-apa. Anda belum mendapatkan apapun. Alhasil bisnis online itu bagi diri Anda sendiri masih bayi alias belum sempurna.

Begitu pula dibisnis konvensional, ketika Anda ingin mendirikan usaha penerbitan sendiri misalnya untuk buku-buku karya Anda, apakah penerbitan itu sempurna bagi Anda? Tentu tidak. Dan masih banyak contoh lainnya.

Bagaimana agar bisnis itu sempurna bagi Anda, bukan hanya memberikan banyak pengalaman tapi membikin kantong Anda tebal? tidak ada jalan lain kecuali Anda harus MENCINTAI ketidaksempurnaan bisnis itu agar kelak sempurna. Caranya, rawat baik-baik, pelajari sungguh-sungguh, jalankan sepenuh hati, pantang menyerah, dan berdoa. Dan sempurnalah bisnis itu.

Tanpa cinta, bisnis apapun hanya jadi bagian dari masalah Anda atau pelengkap penderitaan saja. Bisnis itu berat kawan. Mustahil akan besar tanpa cinta. Apakah Anda akan membunuh bisnis itu dari semenjak bayi atau merawatnya hingga membesar, itu bergantung seberapa kadar cinta Anda.

Tapi menumbuhkan cinta pada pekerjaan atau bisnis tidak mudah. karenanya Anda harus BELAJAR. Ya belajar mencintai. Belajar mencintai sesuatu yang tidak sempurna dengan cara sempurna agar sesuatu yang dicintai dan Anda yang mencintai kelak menemukan kesempurnaan alias kesuksesan.

Bagaimana Tanggapan Anda?

(Toha Nasrudin)

Jika Anda merasa bahwa artikel nini penting diketahui rekan rekan Anda di facebook, silakan klik disini

STOP PRESS:
Berikut ini adalah artikel yang akan segera ditayangkan,
1. Membangun Kesuksesan di Atas Kegagalan
2. Resep Hidup Bangkit Dari Keterpurukan
Artikel tersebut ditayangkan jika Artikel yang tengah Anda baca sudah dikomentari minimal 20 orang. Karena itu rajin-rajinlah memberikan komentar.

22 Responses to “Belajar Mencintai Sesuatu yang Tidak Sempurna Agar Anda Sempurna”

  1. novianto

    on February 6 2010

    saya setuju

  2. northost.co.cc/Hosting

    on February 6 2010

    iya ya kang, dalam bisnis pun harus ada cinta, sesuatu yang tak terkatakan tapi harus direalisasikan, trim’s kang.

  3. Habib Yunus

    on February 6 2010

    Setuju juga pak…

  4. Walijo

    on February 7 2010

    Ya setuju. Trim’s

  5. P

    on February 7 2010

    Ass.ww.Terima kasih atas email anda. Belajar mencintai sesuatu agar empurna, padahal tidak akan pernah sempurna. Tapi paling tidak bisa mendekati sempurna, yang cantik agar lebih cantik, yang hebat bertambah hebat, yang kuat menjadi bertambah kuat sehingga nampak (dianggap) tercantik, terhebat dan terkuat menurut yang melakukan pekerjaan itu. Perlu aku sampaikan saya bisa beli ebook anda jg hanya jualan kertas yang paling tipis dg ukuran 8×11 cm yaitu kertas puyer. Digunakan dokter dan paramedis di puskesmas dan klinik yg melayani pasien anak-anak. Walaupun kecil tp perkaliannya besar dan banyak yang tidak mencintai alias meremehkan ‘ah cuma kertas puyer’, tp karena ditekunin (pasti cinta) sejak 1998 sampai sekarang, walaupun akhir-akhir cenderung menurun jumlahnya. Mengenai ketekunan (tekun kerja)ini saya baru menulis cerita singkat ‘Kebun Binatang Manusia’ masih dalam proses. Sekian, wass.ww.

  6. Fauzy

    on February 8 2010

    Oce oce…, saya dapat ilmu dari Anda bagaimana cara memandang. Trims.

  7. cacan agis

    on February 8 2010

    Benar sekali pak Toha, maka buku tentnag cinta, kesehatan, agama, motivasi, adalah buku yang selalu laris manis di pasaran…
    Sayangnya, saya belum punya kemampuan untuk menulis buku…Kasihan banget yah!.
    Namun demikian, saya masih bersukur, karena masih bisa tetap memberikan pencerahan melalui beberapa kegiatan pelatihan yang di berikan oleh saya.
    Mohon dorongannya, agar dalam waktu secepatnya, bisa menulis buku seperti Bapak.
    Waswrwb.
    Cacan Somantri Agis

  8. jaits mudjahid

    on February 8 2010

    cinta memang luar biasa…tak kenal umur, waktu, tempat……………………

  9. Joko sudibyo

    on February 8 2010

    Oce banget ey… siiiipppp… trima kasih banyak.

  10. mida

    on February 9 2010

    love what you do or do what you love ^_^

  11. admin

    on February 9 2010

    both

  12. retno

    on February 10 2010

    Alhamdulillah…,terimakasih banyak untuk artikelnya pak,sangat memotivasi sy utk tetap bertahan dg usaha sy yg baru setahun ini berjalan,semuanya memang tidak mudah tp sy tetap optimis untuk mencapai kesuksesan. amin. makasih.

  13. hadian

    on February 10 2010

    trims, Kang . pikiran menjadi tersadarkan bahwa di dunia ini enggak yang sempurna, Dan cinta adalah landasan untuk berjuang dan belajar

  14. Syaiful Arief

    on February 11 2010

    Jika kita sepenuhnya sadar bahwa tidak ada yang sempurna didunia ini… insya Alloh kita akan dapat mengontrol hawa nafsu & legowo.

  15. Limbang jaya

    on February 11 2010

    ya boss..saya kerj di penerbitn,dan saya banyak beljar dari anda,say dalah pengagum cinta.

  16. dheaThea

    on February 12 2010

    dahsyat..mga kita mndapatkan cintaNya…

  17. aaronarin

    on February 13 2010

    jadi yang pertama harus cinta dulu

  18. supriyanto

    on February 15 2010

    Pelan tapi pasti. Artikel-artikel bpk. Toha telah menggugah rasa cinta saya. Menarik dan menggugah. Saya selalu terhenyak setelah membaca artikel-artikel tersebut. Rasa cinta yang tumbuh ini kadang membuat tidak sabar menunggu artikel berikutnya. Juga kapan ya bisa ketemu langsung dengan bpk Tohanya, apakah beliau mau menerima saya, krn skg tentu bpk Toha sudah kaya raya, sedangkan saya….tidak ada yang bisa dibanggakan. Terimakasih Pak, semoga Allah selalu melindungi dan memberkahi kita semua. Amin

  19. admin

    on February 15 2010

    Terim kasih Pak Supriyanto, kaya itu relatif. Kekayaan sejati ada dalam hati. Jangan pernah takut untuk bersahabat dengan siapapun. Dan tidak perlu mempermasalahkan materi.

  20. Roesdi Trijadhi

    on February 22 2010

    Saya sangat setuju sekali dengan apa yang ditulis pak Toha. Memeng hanya dengan landasan rasa cinta segala sesuatu akan terasa sempurna. Namun terus terang sampai sakarang saya belum bisa menemukan rasa cinta yang sesungguhnya. sebagai contoh saya sangat menyukai dengan pekerjaan saya sekarang, tapi saya belum bisa mencintanya, makanya hasilnyapun masih jauh dari sempurna. Bagaimana pendapat pak Toha untuk meyakinkan bahwa saya bisa menyukai sekaligus mencintai pekerjaan saya agar hasilnya bisa sempurna. Mohon diberi solusi…….

  21. Iin Indriani

    on February 22 2010

    Kau begitu sempurna dimataku Kau begitu indah,tak bisa kubayangkan hidupku tanpa cintamu..Janganlah Kau tinggalkan diriku tak kan mampu menghadapi semua , hanya bersamamu ku akan bisa..Kau adalah darahku, Kau adalah jantungku …Oh sayangku Kau begitu sempurna …..Allah………..Maha Sempurna ..Wah komentarnya gak nyambung ya ? saya lagi gak bisa komentar cuman itu yang diingat soalnya lagi bingung what I have to do…. blank

  22. dinda

    on May 10 2010

    setujuuuuwhh…..mantabs.,

Comment RSS · TrackBack URI

Silakan Beri Komentar

Name: (Required)

E-mail: (Required)

Website:

Komentar Anda Disini:


MOHON MAAF, komentar Anda akan kami tayangkan setelah kami setujui dulu.
Terima kasih.