Sangat manusiawi dan merupakan fitrah jika kita berharap hidup sukses dan terhindar dari berbagai masalah. Tidaklah normal manakala orang berharap kemiskinan atau munculnya masalah dalam hidup.

Sayangnya, jalan menuju kesuksesan tidak dibangun di atas kesuksesan. Ia dibangun di atas kegagalan bahkan kehancuran. Jatuh bangun bahkan nyaris prustasi, adalah jalan umum yang dilalui kebanyakan orang sukses.

Coba tengok kisah mereka yang menemukan kesejahteraan hidup. Anda akan menemukan onak dan duri dalam setiap perjalanannya. Caci maki, hina dina, dan segala bentuk rasa sakit menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan hidupnya.

Masalahnya, tidak semua orang mau menempuh perjalanan itu. Bahkan hanya sedikit yang bisa mencapai puncak kesuksesan karena memang hanya sebagain kecil yang bermental baja dan siap dengan segala tantangan.

Kebanyakan orang selalu dihantui perasaan tak percaya diri manakala menemui kendala. Parahnya, banyak yang justru menghindari segala bentuk kegagalan. Ia takut berbuat karena takut gagal. Tidak mau memulai bisnis karena takut rugi. Akhirnya hidup tidak pernah beranjak. Waktu terus berjalan, tapi mereka tak pernah bergerak kemanapun. Akhirnya waktu semakin meninggalkannya dan kehidupanpun kian gelap gulita.

Sementara mereka yang terus bergerak bahkan pergerakkannya lebih cepat dari waktu, mereka berhasil melewati kegelapan dengan penuh suka cita. Mereka adalah manusia bermental baja, tak akan pernah peduli segala kendala dan kegagalan. baginya, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Caci maki dan segala bentuk hinaan adalah pupuk.

Dan tahukan Anda bahwa segala bentuk kegagalan masa lalu adalah kenangan termanis yang begitu indah untuk didengar dari mulut orang-orang sukses. Ternyata memang benar, kemenangan menjadi hal termanis jika Anda pernah merasakan kekalahan.

(Toha Nasrudin)

STOP PRESS: Silakan sebarkan artikel yang penting ini untuk diketahui rekan rekan Anda di facebook, klik disini

11 Responses to “Kemenangan Menjadi Hal Termanis Jika Anda Pernah Merasakan Kekalahan”

  1. fitria rahmadona

    on March 5 2010

    inspiring !…saya juga pernah mengalami hal yg serupa, but saya byk belajar justru dari berbagai pengalaman yg tdk menyenangkan dlm hdp saya.Alhamdulillah ada saja hikmah yg bisa ditemukan dari berbagai peristiwa kehidupan yg saya alami.

  2. yudiansyah

    on March 5 2010

    Ok setuju…

    Kesuksesan dibangun oleh berapa banyaknya kegagalan yang kita hasilkan, jadi semakin banyak kegagalan-kegagalan yang kita terima maka akan semakin dekatlah dengan kesuksesan, makanya bergaulah dengan kegagalan, gak usah takut, karena Tuhan telah menganugerahi satu paket yaitu kesuksesan dengan kegagalannya atau kegagalan dengan kesuksesannya.

    Salam Syukur
    Yudiansyah

  3. Fauzy

    on March 5 2010

    Betul sekali.. Saya juga ini lagi merasakan pentingnya kegagalan. Orang sukses akan belum sempurna kalau belum melewati kegagalan. Karena kadang kita perlu melewati kesalahan dahulu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Malah lebih baik kita MENCOBA dan GAGAL daripada GAGAL MENCOBA. Berani untuk sukses, harus berani menerima kemungkinan gagal. Kalau ga berani gagal, ya jangan coba coba untuk sukseslah. Enakan duduk manis aja ga nglakuin apa apa tanpa resiko. Jadi wahai Anda Anda yang merasa sudah sukses tapi belum pernah melewati kegagalan, di raport Anda masih punya satu point kelemahan yaitu Anda belum ada pengalaman pernah gagal hehehehe… Bukanlah begitu pak Toha?. Saya ada puisi untuk Anda Anda yang lagi duka karena kegagalan..
    “Aku berjalan bersama KEBODOHAN, dia cerita terus sepanjang jalan. Namun tidak ada yang dapat aku pelajari darinya. Meskipun begitu banyak yang dia katakan…
    Aku berjalan bersama DUKA. Tidak ada sepatah kata, tetapi ada hal hal yang dapat aku pelajari di hari itu. Tatkala DUKA berjalan bersamaku..” Thanks untuk pak Toha, saya menilai Anda adalah pribadi yang baik karena terlahir dari kegagalan yang pernah Anda alami sendiri. Trims juga telah menyuport saya.

  4. tera

    on March 5 2010

    Betul kang, tapi kok ya kayaknya kesulitan belum mau beranjak dari usaha saya untuk menangguk rezeki dari internet. Atau mungkin jalan rezeki saya tidak disini ya?…

  5. bengbeng

    on March 6 2010

    banyakorang yang mengatakan situs anda scam???? tunjukkan bukti2 bilasitus anda bukan scam. Agar klien kami paham.

    thanks

  6. admin

    on March 6 2010

    Terima kasih komentarnya. Scam? Situs yang mana? saya justru baru mendengarnya. Tidak ada satu member yang tidak diaktivasi, tidak ada yang komplain. penulissukses.com bahkan sudah lebih dari 5 tahun tetap eksis. Jika daftar, maka dipastikan kurang dari 24 jam pendaftaran Anda kami aktifkan. Terima kasih

  7. Iin Indriani

    on March 6 2010

    Kesuksesan adalah ketika jatuh, bangkit dan terus maju tanpa kehilangan antusiasme, Kalau sekarang saya sedang menikmati indahnya harapan dan meniti jalan sambil berharap Tuhan tuntunlah saya, kuatkan dan lapangkan, kalau boleh mau juga sukses seperti Pak Toha juga lainnya

  8. wati

    on March 7 2010

    Betul sekali.. pengalaman yg pahit adalah sumber energi untuk bangkit, dan membuat seseorang menjadi lebih bijak dalam memandang suatu permasalahan, thanks dah mengingatkan kembali.. btw kenapa artikel ini masuknya ke spam??

  9. harmen batubara

    on March 7 2010

    Kadang kita terlalu melihat pada kerja keras plus kerja cerdas, tetapi ada satu hal yang kita lupa, bahwa sebagai mahluk sebenarnya “cetak biru” hidup kita itu sudah jadi.Persoalannya, kita harus tabah,tetap maksimal dalam menerima segala hal..baik itu yang jelek atau yang senang..dan sebenarnya kebahagian itu ada pada keduanya..dan pada diri kita..sukses dan gagal itu ga ada bedanya..salam..

  10. Fauzy

    on March 9 2010

    Hallo pak Toha boleh saya berkomentar lagi? Saya senang sekali bicara tentang kegagalan. Dimana tadinya saya pikir kegagalan adalah sebuah sampah dari sebuah perjuangan, tetapi ternyata itu adalah sebuah manuver untuk kita agar bisa meluncur pada jalur sukses yang lebih baik. Bukan lampu hijau saja yang baik untuk kita. Kitapun ternyata memerlukan lampu merah agar berhenti sebentar untuk melihat keadaan agar kita bisa melanjutkan perjalanan ini dengan lebih baik lagi. Banyak cara untuk menjadi orang gagal. Dan cara terbaik untuk menjadi orang gagal adalah tidak berani mengambil resiko. Sementara banyak pula cara untuk menjadi orang sukses. Dan cara terbaik untuk menjadi orang sukses adalah bangkit kembali setiap kali jatuh!.
    Karena jalan menuju kesuksesan dan kebahagiaan tidak selalu lurus dan mulus. Ada tikungan bernama KEGAGALAN. Ada bundaran bernama KEBINGUNGAN. Ada lampu merah bernama MUSUH. Mungkin kita akan mengalami ban pecah dan kempes. Itulah realita hidup!. Tapi jika kita membawa ban serep yang bernama TEKAD. Mesin yang bernama KETEKUNAN. Asuransi yang bernama IMAN dan pengemudi yang bernama TUHAN. Pastilah Anda akan sampai di daerah yang disebut SUKSES dan BAHAGIA…
    Good luck semuanya n salam sukses.

  11. aan

    on March 14 2010

    Kita jangan berkaca pada kegagalan untuk bangkit mengejar kesuksesan, atau berkaca pada kesuksesan orang lain. Tetapi kita harus mengerti dulu arti kesuksesaan itu menurut kita dan batas kesuksesan itu menurut kemampuan kita sampai dimana, dan langkah awal apa yang harus diambil untuk menuju kesana, dan jangan lupa, sekecil apapun modal yang menyertai langkah kita asalkan dilakukan dengan sepenuh hati dan tekat, yakin dan pasti kita bisa meraih. Kegagalan adalah bagian dari langkah kita untuk meraih sukses dan menuntut kita untuk berpikir dan mencari jalan yang tepat. Tanpa kegagalan dan masalah, kesuksesan tak ada artinya.

Comment RSS

Silakan Beri Komentar

Name: (Required)

E-mail: (Required)

Website:

Komentar Anda Disini:


MOHON MAAF, komentar Anda akan kami tayangkan setelah kami setujui dulu.
Terima kasih.