Panik hanya akan melumpuhkan otak dan tindakan Anda. Panik jelas bukan reaksi yang pas saat melihat nominal tagihan yang tiba-tiba membengkak. Anda mesti mengendalikan rasa panik yang timbul dan berfokus pada langkah penyelesaiannya.

Buat catatan
Buat catatan tentang pemasukan dan pengeluaran, dan berpeganglah pada hal itu. Tunda semua keinginan belanja hingga Anda melunasi semua kewajiban yang ada.

Jangan menghindar
Saat Anda menghadapi kesulitan menyelesaikan berbagai tagihan, jangan lari, berdiam diri, atau menghindar. Hadapilah dengan berani. Ambil waktu untuk menghitung dan mengatur pembayarannya. Temui pihak bank atau kreditor, berkonsultasilah untuk menemukan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Mulai mencicil
Jika tak bisa melunasi aneka tagihan yang ada sekaligus, Anda bisa menyelesaikannya dengan mencicil. Bayar lebih dulu tagihan yang memiliki bunga tinggi, baru selesaikan yang bunganya lebih rendah.

Bayar tunai
Sedapat mungkin jika harus berbelanja lagi, bayarlah tunai. Jangan menambah beban utang baru dalam kartu kredit.

Selesaikan
Memang perlu kerja keras untuk menyelesaikan semua tanggung-jawab yang ada. Lakukan dan selesaikan satu demi satu. Jika pemasukan Anda tidak memungkinkan untuk membuat Anda keluar dari jerat utang yang ada, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mencari tambahan income. (kapanlagi.com)

STOP PRESS: Silakan sebarkan artikel yang penting ini untuk diketahui rekan rekan Anda di facebook, klik disini

Silakan Beri Komentar

Name: (Required)

E-mail: (Required)

Website:

Komentar Anda Disini:


MOHON MAAF, komentar Anda akan kami tayangkan setelah kami setujui dulu.
Terima kasih.