Rutinitas dan membebani diri dengan pekerjaan bisa dengan mudahnya menggiring hidup Anda berlalu begitu saja. Tanpa sadar, usia Anda pun tak lagi muda dan ketika Anda ingin menikmati hidup, semua itu sudah tak bisa dilakukan lagi. Tak ada tombol rewind untuk waktu hidup kita. Buatlah hidup Anda lebih berisi, setidaknya untuk Anda sendiri.

* Percepat jam kerja setidaknya 30 menit dalam sehari.
Bayangkan apa yang bisa Anda kerjakan jika Anda bisa pulang lebih cepat dari kantor. Setidaknya setengah jam lebih cepat. Anda bisa melakukan sesuatu yang Anda sukai, Anda bisa mengistirahatkan pikiran lebih cepat. Anda bisa bersantai dalam perjalanan pulang. Ada banyak hal. Jika Anda bertekad ingin pulang lebih cepat dari waktu yang biasanya, Anda akan menggunakan waktu kerja dengan sebaik-baiknya. Karena tekad inilah, biasanya kita akan menetapkan deadline yang lebih cepat pula, dan menghilangkan hal-hal yang memakan waktu, seperti interupsi tak penting, menunda, bersantai, atau bekerja sangat teliti.

* Hindari multitasking.

Sebuah riset terbaru mengatakan bahwa otak butuh waktu dua kali lebih lama untuk memproses suatu hal ketika Anda mengerjakan beberapa tugas sekaligus. Otak butuh waktu untuk kembali berkonsentrasi saat Anda pindah memikirkan tugas lainnya padahal yang satu belum kelar. Dengan belajar berfokus pada satu tugas satu per satu, Anda bisa mempersingkat waktu kerja.

* Kurangi kebiasaan selalu mengandalkan diri sendiri.
Memaksakan diri untuk melakukan segalanya sendiri akan membebani Anda dan menghambat orang lain untuk merasa dihargai dan dibutuhkan. Delegasikan beberapa tugas kepada orang-orang yang memang kompeten dan sudah menjadi bagian tugasnya. Alhasil, Anda memiliki lebih banyak waktu luang, dan orang yang dimintakan bantuan itu pun merasa lebih dihargai.

* Pilih satu alat saja.
Mereka yang mencatat segala hal di berbagai alat akan kesusahan sendiri. Pilihlah satu alat untuk mencatat daftar tugas Anda. Misal, pilih planner, notebook, atau smartphone untuk mendaftar apa saja tugas-tugas Anda yang harus dikerjakan. Buat prioritas dari atas ke bawah. Mulailah setiap harinya dengan hal yang paling penting, jangan yang paling mudah atau tugas kecil. Anda bisa menyempilkan tugas-tugas kecil di antara tugas penting. Mampu menaklukkan tugas penting di pagi hari bisa membantu Anda merasa lebih baik menjalani hari.

* Jadwalkan satu kegiatan menyenangkan setiap minggunya.

Pikirkan suatu aktivitas yang Anda sukai, baik itu menari, membaca, bermain gitar, apa pun yang sudah lama tidak Anda lakukan, padahal sebenarnya hal itu membuat Anda lebih senang. Masukkan ke jadwal mingguan sebagai satu jadwal yang tidak bisa dinegosiasikan dan harus dilakukan. Perhatikan betapa kualitas hidup Anda berubah.

STOP PRESS: Silakan sebarkan artikel yang penting ini untuk diketahui rekan rekan Anda di facebook, klik disini

Silakan Beri Komentar

Name: (Required)

E-mail: (Required)

Website:

Komentar Anda Disini:


MOHON MAAF, komentar Anda akan kami tayangkan setelah kami setujui dulu.
Terima kasih.