Sering kali bisnis dipenuhi rayuan gobal yang ujung-ujungnya keuntungan pribadi tanpa mengindahkan nilai-nilai etika. Seperti sengaja menjerat, banyak iklan bahkan sales leter yang sengaja dibuat berlebihan. Tak terkecuali di dunia jurnalistik.

Kita sering melihat promosi sebagian penulis yang menganggap dirinya mumpuni, tapi sesungguhnya biasa-biasa saja, bahkan tulisan karyanya baik dalam bentuk tulisan lepas di media maupun buku yang ditulisnya masih jauh panggang dari api.

Dalam satu sisi, semangatnyan patut dihargai. Tapi jika dikaitkan dengan perkembangan dunia tulis menulis ke depan, ini cukup riskan. Bayangkan jika seseorang mendapatkan informasi kepenulisan dari mereka yang tidak memiliki pengalaman cukup, akan melahirkan generasi tanggung yang hanya mengandalkan semangat semata.

Ukuran seorang penulis dikatakan sukses, tentu sangat relatif. Tapi semua orang tentu setuju, seorang dikatakan sukses dalam jurnalistik manakala tulisannya sering terpampang di media. Piawai juga menulis buku terbukti banyak karyanya yang diterbitkan dan diakui pasar. Lebih bagus lagi jika mampu mengembangkan lebih jauh lagi, yaitu memiliki penerbitan buku yang jadi wadah bagi penulis lainnya atau taman bacaan sebagai pencerahan bagi umat.

Sukses bukan sebuah retorika, melainkan realitas. Itu yang diakui hati nurani. Sebagai penulis pemula, saya sangat ingin mengikuti jejak Abu Al-Ghifari dengan CV. Mujahid Pressnya. Gola Gong dengan Rumah Dunianya. Asma Nadia dengan AsmaNadi Publisingnya. Dan Bambang Trimansyah dengan Basmalahnya. Dan masih banyak lagi. Mereka adalah contoh nyata penulis yang diakui sebagai penulis sukses.

(Muhammad Rasyid)

STOP PRESS:
Silakan sebarkan artikel yang penting ini untuk diketahui rekan rekan Anda di facebook, klik disini

Silakan Beri Komentar

Name: (Required)

E-mail: (Required)

Website:

Komentar Anda Disini:


MOHON MAAF, komentar Anda akan kami tayangkan setelah kami setujui dulu.
Terima kasih.


 


LinkDock.com You found linkdock.com, so will your customers. It's a great label for your website and will help you define your identity on the Web.